"SUGENG RAWUH"
...Selamat datang, semoga catatan ini menginspirasi Anda

Senin, 30 Januari 2012

(Kembali) dikejar deadline


Berjibaku dengan huruf pada keyboard dan layar laptop dulu masih terasa asing bagiku. Tahun ini (2012) bukan lagi keasingan, melainkan sebuah tantangan. Mengolah kata menjadi baris kalimat congkak atau garang lebih susah dari kalimat "ngapik-ngapik". Apa adanya dalam sebuah tulisan, deadlineku kali ini. Kadang semua yang sudah direncanakan untuk dituangkan dalam lembar-lembar penulisan, tiba-tiba hilang begitu saja. Mulai merasakan efek ganjil dari deadline yang tak kunjung usai. Pikun, salah satunya. Lupa pada apa yang akan dibahas, pada apa yang akan dikemas. Deadline, pembunuh kreativitas. Dibalik semua itu, aku sendiri sedikit sangsi. Disaat deadline, justru aku menulis hal yang tidak penting, tidak ada hubungannya dengan tugas menjadi juru ketik.

Aku menyebutnya kebebasan
disetiap jengkal emosimu, aku terbakar
Aku menyebutnya kebebasan
mengumpat bernada lembut, bak kanker menggerogoti darah
Dan dalam sedih, aku menulis
Kebebasan


Salah satu tulisan yang tak ada hubungannya. Deadline itu kini membunuh lagi. Aku tak bisa bersembunyi, hanya mampu berlari. Semoga musim deadline kali ini, buahnya tak getir.

1 komentar:

  1. Kadang diluar tugas itu sendiri, lintasan pikiran semacam ini lebih punya harga. Maka hargai kemana lintasan pikiran membawa anda pergi. Ikuti saja dia dan temukan keajaiban di sana. Salam kenal dari saya. Kunjung balik blog saya, ya. Terimakasih.

    BalasHapus